Memvalidasi Input dengan PHP

Beberapa waktu yang lalu saya pernah menulis artikel tentang memvalidasi input dengan JavaScript, jika anda belum membacanya silahkan anda baca artikel tersebut di sini pada artikel itu saya menjelaskan cara memvalidasi input dengan JavaScript salah satu keuntungan menggunakan JavaScript adalah penggunaannya yang cepat dan tidak memerlukan request ke server sehingga lebih menghemat waktu dan juga tidak memberatkan server. Namun ada sisi negatif dari penggunaan JavaScript ini, apakah itu? Jika pengujung website anda mematikan fungsi JavaScript pada browsernya tentu saja Script tersebut tidak akan bekerja dengan baik maka dari itu memvalidasi input pada saat data tersebut di proses di server juga dibutuhkan untuk menjaga stabilitas dan kinerja server tetap baik.

Di artikel ini saya akan berbagi sedikit keahlian saya dalam membaca dan memvalidasi input form yang akan di proses sebelum di simpan ke dalam database server. Langkah pertama adalah membuat form inputnya saya contohkan di sini adalah menggunakan form kontak sebagai contoh. Berikut ini adalah konsep formnya.

kontak.html

  1. <html>
  2. <head>
  3. <title>Form kontak</title>
  4. </head>
  5. <body>
  6.  
  7. <form action="submit.php" method="post">
  8. Nama:<br/><input type="text" name="name"/><br/>
  9. E-Mail:<br/><input type="text" name="email"/><br/>
  10. Judul:<br/><input type="text" name="title"/><br/>
  11. Teks:<br/><textarea name="text" cols="50" rows="10"></textarea><br/>
  12. <input type="submit" value="Kirim"/>
  13. </form>
  14.  
  15. </body>
  16. </html>

Tampilannya kira-kira akan seperti ini:

Beriktunya membuat file php untuk memproses input form tersebut namun di sini saya hanya akan mencontohkan pada proses validasinya saja karena sesuai dengan judul artikel ini.

submit.php

  1. <?php
  2.  
  3. $name = $_POST['name'];
  4. $email = $_POST['email'];
  5. $title = $_POST['title'];
  6. $text = $_POST['text'];
  7.  
  8. if ( $name == '' ) {echo("Maaf, nama tidak boleh kosong.");}
  9. else if ( $email == '' ) {echo("Maaf, email tidak boleh kosong.");}
  10. else if ( $title == '' ) {echo("Maaf, Judul tidak boleh kosong.");}
  11. else if ( $text == '' ) {echo("Maaf, Teks tidak boleh kosong.");}
  12. else {
  13.  
  14. // Proses form di sini
  15.  
  16. }
  17.  
  18. ?>

Pada script di atas, script tersebut akan memeriksa setiap input yang di kirimkan dari form utamanya yaitu kontak.html. Jika semua kolom sudah terisi maka file php tersebut akan meneruskan proses tersebut ke database atau ke email penerima yanga sudah di set sebelum di kirim. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi anda, mohon maaf jika artikel ini terlalu lambat untuk di tayangkan di blog ini karena keterbatasan waktu dan ide. Jika anda ingin merequest artikel dari saya silahkan anda meinggalkan komentar pada kolom yang sudah di sediakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *